- Budi Daya Ternak

6 Tips Ternak Kelinci Modern

6 Tips Ternak Kelinci Modern

Kelinci pedaging adalah salah satu sumber protein yang baik untuk dikonsumsi. Meski tidak sepopuler unggas maupun mamalia pedaging lainnya, budidaya kelinci tetap bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Kelinci merupakan jenis hewan yang jinak dan mudah beradaptasi sehingga sangat memungkinkan bagi pemula untuk menekuni peluang usaha ternak kelinci modern. Dengan modal yang relatif kecil, Anda dapat memperoleh keuntungan yang besar saat panen mengingat hewan mamalia yang satu ini dapat berkembang biak dengan cepat.

Proses budi daya kelinci yang mudah dengan hasil yang berlimpah, membuat banyak orang melirik peluang usaha ini. Berikut ini tips ternak kelinci modern bagi Anda yang ingin memulai bisnis budidaya.

Memilih jenis kelinci

Anda sangat disarankan untuk memilih jenis kelinci yang tepat. Pasalnya, tidak semua jenis bisa dimanfaatkan sebagai kelinci pedaging. Jenis kelinci pedaging yang potensial mendatangkan keuntungan besar adalah jenis New Zealand White dan Flemish Giant.

Memilih indukan

Dalam dunia budi daya atau ternak kelinci modern, indukan berkualitas merupakan hal yang sangat penting. Hal ini sangat erat kaitannya dengan keberlangsungan usaha serta hasil yang didapatkan.

Anda disarankan untuk memilih indukan betina berbobot sekurang-kurangnya 4 kg dan 3 kg untuk pejantan. Selain bobot, Anda juga perlu memastikan kelinci tersebut lincah, berbulu bersih dengan pinggul bulat, serta bermata cerah.

Menyiapkan kandang

Anda dapat membuat kandang dengan bahan kayu ataupun bambu. Sebaiknya Anda menempatkan kelinci jantan dan betina secara terpisah untuk menghindari risiko kegagalan reproduksi akibat perkawinan dini.

Selain itu, pilihlah lokasi yang tenang (jauh dari keramaian). Pastikan Anda selalu menyediakan pakan dan air minum dan bersihkan kandang setiap dua kali dalam seminggu.

Memilih pakan

Untuk kelinci pedaging, Anda dapat menambahkan nutrisi secara rutin pada pakan kelinci, seperti piterna dan hormonik. Berikan dua kali dalam sehari agar kelinci Anda tumbuh dengan baik.

Mengembangbiakkan kelinci

Anda dapat mulai mengembangbiakkan kelinci saat mereka berusia 8 (jantan) dan 6 bulan (betina). Proses ini dapat Anda lakukan saat pagi ataupun sore hari. Masukkan kelinci betina ke dalam kandang pejantan.

Setelah satu kali perkawinan, keluarkan kelinci betina dan biarkan dia beristirahat setidaknya 10-15 menit. Anda dapat mengulang proses tersebut sampai si betina tidak ingin kawin lagi.

Perawatan anak kelinci

Ketika kelinci Anda melahirkan, maka pastikan bahwa kandangnya selalu bersih dan hangat. Anda sudah dapat menjual anakan kelinci dan jual kelinci flemish giant ketika usia mereka menginjak 3-4 bulan.

About aramli tech 2018

Read All Posts By aramli tech 2018